Kopi Merapi

kopi merapiSleman, JOGJA. Kopi yang satu ini sedang naik daun lho. Kepopulerannya berjalan seiring aktivitas Gunung Merapi. Brandingnya paling mahal karena harus melibatkan  Gunung Merapi. Gampangnya makin aktif gunungnya makin populer juga kopi ini. Namanya Kopi Merapi, souvenir istimewa dari desa Koi Petung, Sleman, Yogyakarta.  

kemasan kopi merapi

kemasan kopi merapi

Kopi Merapi ini tersaji di kedai p’ Sumijo,  tepat di puncak Desa Wisata Petung. Bersama  managemen Royal Ambarukmo Yogyakarta -RAY dan wartawan, kami bersepeda bersama kesana. Sepeda santai sambil liputan asyiknya bukan main. tak hanya dinikmati, Kopi Merapi ini awalnya bernama kopi turgo, namun tak begitu populer. Sejak erupsi terakhir yang menewaskan juru kunci merapi Mbah Marijan, kopi turgo ini berubah nama menjadi kopi Merapi.

Kopi Merapi ini menggunakan bahan baku dari tanaman kopi yang ditanam di sekitar merapi. Namun biji kopinya merupakan biji kopi yang dipanen sebelum erupsi. Jenis kopinya kopi arabika diolah secara tradisional dengan di sangrai mengunakan kayu bakar.

Soal rasa, bagi saya sebagai orang yang tidak suka kopi, Kopi Merapi memang enak. Kopi arabika ini tak terlalu asam. Menurut p’ Sumijo, rasa Kopi Merapi memang khas karena ditanam di tanah vulkanik hasil erupsi merapi.

“Kadar kafeinnya rendah. Lebih slow gitu loh…” tambahnya.

Kemasan kopi ini juga unik. Kemasan kecil dibungkus pakai cangkir kaleng, sementara kemasan besar dimasukkan dalam karung seperti ini.

kemasan besar

kemasan besar

kopi setelah disangrai

kopi setelah disangrai

kopi pesanan khusus

kopi pesanan khusus

klo yang minum kayak gini, siapa aja juga mau "diminum"

klo yang minum kayak gini, siapa aja juga mau “diminum”

sangrai kopi

sangrai kopi

3 pemikiran pada “Kopi Merapi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s