Mahasiswa Instiper Jogja Taklukan Puncak Jaya

143Sleman, JOGJA| Tujuh mahasiswa Institut Pertanian –Instiper- Yogyakarta berhasil menaklukkan puncak Jaya Wijaya, Papua. Tak hanya menaklukan, selama dalam perjalanan mereka juga  mengajarkan cara mengolah hasil pertanian kepada masyarakat pedalaman.

puncak cartenz2Tanah Papua sengaja dipilih sebagai tujuan ekspedisi karena pulau ini memiliki puncak gunung Jaya Wijaya bernama Cartensz Pyramid dengan tinggi 4884 dpl. Puncak Cartensz merupakan satu dari tujuh puncak gunung di dunia yang mempunyai karakter dan kesulitan tersendiri demikian diungkap Ketua Umum Ekspedisi Papua, Anton Yusnadi.

Sejak ditemukan tahun 1623 Puncak Cartensz hingga kini belum memiliki jalur infrastruktur  yang memadai. Oleh karena itu, masyarakat setempat bersama dengan PT Cartenz adventure berkomitmen untuk membuka jalur ke puncak Caetenz dan juga mengembangkan sector pertanian, sehingga Cartenz akan menarik wisatawan. “Papua akan segera realisasikan insfrastruktur dan pertanian,” kata Direktur PT Cartenz Adventure, Maximus.

Dengan mendapat dukungan dari berbagai pihak termasuk dari PT.Cartenz adventure yang merupakan salah satu perusahaan bisnis pariwisata Papua, tujuh mahasiswa Instiper berangkat ke Papua pada 5 April 2013. Selama berada di Papua mereka mengajarkan cara mengelola hasil pertanian pada masyarakat setempat, misalnya mengolah umbi-umbian, membuat syrup markisa, dan juga pembibitan kopi Arabica. Semua ini dilakukan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat menjadi lebih baik.

Bagi masyarakat yang ingin berpetualang ke Cartensz (http://cartenzadventure.com/)  dapat menghubungi perusahaan wisata asli papua agar perjalanan menjadi nyaman tanpa menemui kendala. Perusahaan wisata ini akan menguruskan surat jalan ke Pemda, termasuk menguruskan akomodasi hotel dan guide.

dokumen Foto:

puncak cartenz1istirahat sebentar

020

 

Satu pemikiran pada “Mahasiswa Instiper Jogja Taklukan Puncak Jaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s