Para Profesional Mengajar Anak SD 2

GambarSLEMAN, jogjacreative.com| Akhirnya hari inspirasi itu tiba. Rabu 20 Februari 2013, pagi yang lembab untuk bekerja namun telah menjadi biatku untuk berangkat ke Kelas Inspirasi di SD Cemoroharjo Pake m Sleman. Berbekal tas penuh dengan peralatan, motor buntutku melaju kencang. Hari ini saatnya membuktikan diri, apakah aku setangguh yang kurasakan.

Sampai di lokasi sekitar 3 km dari pakem, waktu menunjuk pukul 06:45, beberapa teman pengajar sudah berkumpul -begitu pula kawan kawan kecilku- siswa SD Cemoroharjo.

Kelas Inspirasi ini mampu membuatku tak tidur semalaman. Otaku terus berfikir bagimana mengenalkan profesi “jurnalis TV” secara mudah bagi anak SD. Akhirnya kuputuskan untuk membawa handycam dan Tv. Aku cuma berfikir bahwa sistem televisi yang rumit dapat dipermudah dengan memberikan video di televisi -yang kubawa- secara LIVE. So, mereka bisa melihat wajahnya langsung di tv…xixixi….lucu kan?

47045_586885818007503_1895844387_nDan akhirnya, kelas 2 ke kelas 3 sukses lancr meski konektor kamera sempet ngadat gak mau keluarkan gambar. Kawan-kawan kecil antusias melihat wajahnya sendiri di televisi. Malu bercampur ingin tahu, mereka tertawa melihat wajah temenya bahkan dirinya sendiri….

Sampailah di kelas 4, ampuuuu……dech…anak kelas 4 tuh bandel banget. Mereka mengekspresikan rasa ingin tahunya dengan bergerombol, Mungkin ini masa transisi dari rasa malu ke…keberanian kolektif. Artinya maunya sih…berani tapi barenga bareng…..

Ramenya minta ampun…..pusingggg…..

Kelas 5, mulai kalem….pikiran mereka lepas bebas. Mereka berani mengekspresikan dirinya dengan wajar. Dikelas inilah aku melempar pertanyaan yang jawabanya LUAR BIASA mengerikan!!!

“Anak anak apa tugas seorang wartawan?” tanyaku. Jawab mereka “Mencari berita pak!!!”. “Berita seperti apa?” sahutku.  “Pembunuhan, pencurian, narkoba, Raffi Ahmat”, teriak mereka. “Waduh…..kok kejem semua beritanya”, tanyaku.

Ternyata anak kelas 5 merupakan fase terakhir anak SD bebas bergembira. Mereka mendpat referensi itu dari tayangan tv. so, klo begitu tv itu ya…isinya hanya pembunuhan, pencurian, narkoba dan Raffi ahmad. ampun dech!!! jadi merasa bersalah diriku….

Sampailah di kelas 6. Kelas yang kuharapkan lebih aktif dengan banyak pengetahuan yang siap diekspresikan. Tapiiiiiii……..ternyata!!!! mereka PASIF bangetttt…..!!!!

Formal banget……mereka duduk rapi, menahan bicara.

Ko bisa ya…menurut pandanganku mereka telah di”kekang” oleh aturan bahkan “ancaman” sebagai siswa terbesar yang akan UJIAN. Atas nama UJIAN mereka harus tertib, dewasa, dan menahan diri…..mmmm….ngeri dech….

Maraton Mengajar 5 kelas

Secara umum otaku diuji tak hanya berstrategi dengan materi namun juga emosi…..terutama di kelas 4. Seluruh syaraf otaku menegang, mencari cara….melihat jam…memasang telinga…hingga akhirnya MATI GAYA. “kok belum bel ya?” “dah, habis nih…materi….ndak ada lagi yang mo dibagi…”
Semoga 5 jam Kelas Inspirasi dengan 7 profesi memberi sedikit inspirasi bagi kawan kecilku. Agak pesimis namun tak melupakan semangat kawan kawan pengajar lain dengan berbagai strateginya.

2 pemikiran pada “Para Profesional Mengajar Anak SD 2

  1. mas Pascal, aku tertegun baca “adegan” yg ini

    “Anak anak apa tugas seorang wartawan?” tanyaku. Jawab mereka “Mencari berita pak!!!”. “Berita seperti apa?” sahutku. “Pembunuhan, pencurian, narkoba, Raffi Ahmat”, teriak mereka. “Waduh…..kok kejem semua beritanya”, tanyaku.

    betapa aku pikir, peran media khususnya televisi sangat-sangat besar yaaa.. semoga para orang tua lebih selektif untuk memberikan tayangan tv kepada anak-anaknya… hehehe…

    • ya….apalagi aku yg menghadapinya…senyum-senyum aku memutar otak u memberikan mereka referensi baru tentang televisi. masalahnya kita sbg tv lokal kurang bisa mengHENTAK..u menarik perhatian mereka.
      Tetaplah u berjuang termasuk diluar produk kita!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s