Gebrakan Ketua KPK

Nyata menerima keluh kesah masyarakat, Garang saat menangani kasus korupsi. Begitu pikiranku saat  menerima mandat “Andai Aku Menjadi Ketua KPK”.  Berikut gebrakan yang akan saya lakukan

Gebrakan pertama:

Pastikan KPK bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Caranya mengevaluasi program kerja KPK, hilangkan program LEBAY. Program strategis, taktis dengan banyak penerima manfaat.

Gebrakan kedua:

Membuka diri kepada masyarakat soal informasi, dan masukan. Membuka telepon pengaduan, email, facebok, twitter, sms, bahkan SURAT KALENG. Pengadu info korupsi TIDAK harus memberikan identitas diri dan data. KPK lah yang akan menyusuri kebenaran info tersebut.

Gebrakan ketiga:

Ibarat memburu tikus. KPK harus menangani ujung dan pangkalnya. KPK akan menangani kasus besar yang melibatkan lembaga tinggi negara sekaligus lembaga rendah negara. Klo bos besar tertangani sekaligus  kasus kecil di desa-desa maka koruptor kelas menengah akan mati sendiri.

Gebrakan keempat:

Perspektif korupsi harus berkembang seiring profesionalnya koruptor. Segepok uang, transfer uang adalah cara konvensional yang mudah dihindari. Ingat!! Korupsi berkembang makin formal dan sistemik.

Sebagai contoh lembaga legislatif melakukan distribusi anggaran kepada lembaga eksekutif. Anggaran dikucurkan 3 kali lipat dari pengajuan. Namun catatannya, lembaga eksekutif harus mewujudkan program kerjanya dengan sasaran milik lembaga legislatif. Sasaran program bisa kampungnya, dapilnya, dan keluarganya.

Apakah ini korupsi? Yang pasti ini memicu ketidakadilan. Program eksekutif tak lagi didasarkan atas urgensi masyarakat luas namun atas dasar pilihan kelompok tertentu.

Sadari Korupsi gaya baru!!!

2 pemikiran pada “Gebrakan Ketua KPK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s