Instalasi Tenaga Surya Selamatkan Warga 2

Sumber Air Warga

Program energi terbarukan buah karya dua universitas ternama ini diwujudkan dalam KKN PPM UGM pengangkatan Air di Padukuhan Banyumeneng, Giriharjo, Panggang Gunungkidul.

Padukuhan Banyumeneng dan sekitarnya berada kawasan gersang yang tak memiliki sumber air. Di kecamatan Panggang sendiri terdapat 28 sumber air meski demikian kekeringan selalu menjadi sahabat dikala musim kemarau.

mata air kali gede

mata air kali gede, lokasi penyedotan air

Mata air paling dekat adalah mata air kali Gede. Mata air ini berdekatan dengan padukuhan tiga Banyumeneng, sementara padukuhan satu harus berjalan berkilo-kilo untuk mendapatkan satu pikul air.

jalur buang mata air, silakan mandi sini

Dan inilah mata airi kali gede. Sumber air yang akan diangkat menuju padukuhan banyumeneng satu. Mata air kali gede memiliki debit air berkisar 5 hingga 10 liter perdetik.  Mata air ini merupakan sungai bawah tanah yang muncul sekitar 20 meter saja menjadi sungai dan akhirnya masuk kembali dalam tanah.  Sementara jarak antara mata air dan lokasi padukuhan sekitar 2 kilometer. Untuk itu diperlukan energi besar untuk mengangkatnya.

Dari sisi kualitas air sendiri, mata air ini cukup memenuhi syarat sebagai air minum meski kualitasnya semakin hari semakin menurun

Dikirimlah para pemuda tangguh ke Panggang Gunungkidul. KKN pertama menjadikian padukuhan Banyumeneng satu sebagai sasaran pelaksanaan program. Para mahasiswa ini merealisasikan kuliah kerja nyata tahap pertama di bulan  Juli- Agustus 2008, dengan kegiatan persiapan teknis dan non teknis.

Persiapan teknis terdiri dari perancangan detail engineering design solar pumping systemdan pemetaan topografi wilayah sekitar sumber mata air. Sementara itu persiapan non teknis terdiri dari  sosialisasi program dan persiapan instalasi sosial pada masyarakat dengan terbentuknya organisasi kelola air mandiri di desa Giriharjo kecamatan Panggang.

mengukur panjang pipa

Ini baru awal, penyediaan air bersih dan pengadaan listrik bagi masyarakat di daerah pinggiran dengan memanfaatkan potensi energi terbarukan  masih akan berlanjut pada kkn ke dua tiga dan seterusnya higgga panel panel solar sel terbangun.

Salut untuk para pemuda kampus.

Satu pemikiran pada “Instalasi Tenaga Surya Selamatkan Warga 2

  1. Ping balik: Instalasi Tenaga Surya Selamatkan Warga 1 | think about J O G J A

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s