Instalasi Tenaga Surya Selamatkan Warga 1

energi terbarukan

Solar Sel Laboratorium Curtin University

Instalasi listrik tenaga surya di padukuhan Banyumeneng,  Kel Giriharjo, Kec Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta mendapat penghargaan dari Energy Globe Award tahun 2012 di Viena. Instalasi listrik ini berfungsi untuk penyediaan air bersi dan listrik bagi masyarakat pinggiran. Pencetus ide ini adalah seorang dosen dari Fisika UGM yaitu Ahmad Agus Setiawan.

Agus Setiawan Berdiskusi dengan Tim Curtin University

Ceritanya dimulai saat Agus menempuh studi master di Curtin University of Technologi Australia, bersama tim Curtin university mereka mengajukan proposal penelitian berjudul “Developmen Of Sustainabel Power And Water Supply For Remote Area And Disaster Respon And Reconstruction In Indonesia”. Penelitian ini sesuai dengan fokus studi Agus yaitu energi terbarukan sekaligus prihatin terhadap kondisi masyarakat di pegunungan kars Gunungkidul Yogyakarta yang harus berjalan jauh hanya untuk mendapatkan air bersih.

Pada tahun 2007 proposal ini diikutkan kompetisi dan mendapat penghargaan Mondialogo Engineering Award, yaitu kompetisi mahasiswa teknik tingkat international yang disponsori oleh Daimle-chrysler dan Unesco. Mereka menyabet Major Winner dan dukungan dana penelitian € 20.000.

Hebatnya uang ini tidak masuk kantong sendiri tetapi justru digunakan untuk merealisasikan program energi terbarukan secara nyata.

Tim UGM survey

Agus Setiawan memilih lima mahasiswa dari Curtin University dan lima mahasiswa dari Teknik Fisika UGM. Mereka membagi tugas secara konkret. Tim Curtin mendapat tugas penyiapan teknologinya dan melakukan simulasi desain sesuai kebutuhan lokasi sementara tim UGM mengumpulkan seluruh informasi tentang daerah yang layak untuk penerapan teknologi ini sekaligus menyiapkan masyarakatnya.

Bulan Januari 2008 proyek ini dilaksanakan. Tim ini bekerjasama dengan LPPM Ugm untuk mengemas pelaksanaan proyek lewat Kuliah Kerja Nyata Alternatif. Secara garis besar KKN ini akan membangun instalasi pompa tenaga surya dan menyedot air di posisi tertinggi dan menyiapkan instalasi penyaluran air ke kantong kantong penduduk yang telah disediakan. Secara sosial KKN ini juga menyiapkan masyarakat untuk menjadi kelompok pengelola air mandiri yang nantinya akan mengelola pemanfaatan air dan alat setelah ditinggal oleh tim.

Lanjut ke Instalasi Tenaga Surya Selamatkan Warga 2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s