Kuliner Asyik: Steak, Schotel, dan Custard Ubi Jalar Oranye

custard ubi jalar oranye

Pernah makan steak telo ?
Atau abon jantung pisang?
Atau Uluketeuk tempe kacang hijau?

Klo gw mah makan apa aja mau, asal gratisss…..!!! *berharap

Semua makanan diatas tidak dijual di mall dan restoran, karena makanan itu kuliner kreasi  mahasiswa Pendidikan Teknik Boga, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Gw ndak bisa membayangkan bagaimana kuliah mereka. Kuliah sambil membayangkan makanan makanan enak…mana bisa disebut kuliah? Itulah kenyataannya! Mereka 3-4 tahun mempelajari makanan nusantara, dan internasional sekaligus harus mengerti bagaimana memasaknya.

steak ubi jalar oranye

 

Nah setiap akhir tahun mahasiswa FTB UNY ini berkewajiban membuat proyek akhir. Klo orang teknik elektro membuat proyek akhir dalam bentuk peralatan teknik namun untuk teknik tata boga bentuknya makanan. Tak sekedar makanan, mereka  perlu berfikir keras untuk menemukan konsep baru kreasi kuliner yang memanfaatkan bahan pangan lokal untuk pengembangan usaha. Mantap…!!

Sebut saja steak ubi jalar, schotel, dan custard ini. Ririn Puspitasari mahasiswa D3 ini memakai ubi jalar orange untuk kreasi kulinernya. Untuk membuat steak ubi jalar ini, ririn menggunakan 50% ubi dan 50% daging. Dari bentuknya tak bebeda jauh dengan steak dan scotel lain namun dari rasanya lebih manis karena ubi jalar menyimpan rasa manis alamiM

Manfaat Ubi Jalar

ubi jalar oranye

Ubi jalar orange menurut hasil penelitian, memiliki kandungan betakaroten yang tinggi dan bermanfaat menjaga keseimbangan PH kulit. Zat ini juga membantu menjaga kulit agar tidak cepet kering dan memperlancar regenerasi sel kulit. Hasilnya perut kenyang, kulit juga lembut.

Ubi jalar putih mengandung 260 mkg (869 SI) betakaroten per 100 gram, ubi merah yang berwarna kuning emas tersimpan 2900 mkg (9675 SI) betakaroten, ubi merah yang berwarna jingga 9900 mkg (32967 SI). Makin pekat warna jingganya. Makin tinggi kadar betakarotennya yang merupakan bahan pembentuk vitamin A dalam tubuh.

Ubi jalar juga kaya akan antioksidan. Semakin pekat warnanya, semakin banyak kandungan antioksidannya.

Sayangnya pas liputan tidak ada testernya sehingga gw ndak bisa coba. Nah klo mo belajar mending sama gurunya langsung.

Biaodata kreator ubi jalar orange

Nama: Ririn Puspitasari
Alamat: jl palagan tentara pelajar Yogyakarta
Hp: 085 7430 92 177                                                                               

2 pemikiran pada “Kuliner Asyik: Steak, Schotel, dan Custard Ubi Jalar Oranye

  1. Membaca ini sepertinya ada yang etrasa aneh, tapi akhirnya aku temukan, menggunakan sudut pandang Gw heheh… But i Love the story😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s