Mobil Listrik Brilian

mobil listrik dan brilianMobil listrik yang satu ini adalah ciptaan mahasiswa fakultas Teknik Universitas Yogyakarta. Mereka menamai mobil listrik ini Bogi Power Car. Hebatnya lagi mobil ramah lingkungan ini memiliki kecepatan 80 km/jam dan mampu menempuh jarak lebih dari 46 km dalam satu.

material bekas mobil listrik

material bekas mobil listrik

“Bogi Power Car dirakit dengan bahan bahan motor bekas yang saya beli di pasar loak di Jejeran Yogyakarta.” Jelas Brilian Prasetyo anggota tim bogi power.

Brilian memang memasang beberapa onderdil motor seperti ban kymco untuk ban depan dan ban spin untuk ban belakang. Hanya saja beberapa rangkaian elektronik control yang menjadi rangkaian utama mobil sulit untuk di dapat di Indonesia sehingga dirinya harus impor.

Bentuk Mobil Listrik

Bentuk mobil listrik ini sekilas mirip dengan mobil balap formula one namun lebih sederhana. Ya, desain mobil listrik ini dibuat sederhana untuk mengejar beberapa kemampuan jalannya.  Sama dengan mobil lain, Bogi Power Car mampu berjalan maju dan mundur namun tidak ada perslening untuk menambah kecepatan. Untuk berjalan maju pengemudi harus menekan tombol tertentu begitu sebaliknya kalau berjalan mundur.

Beaya Merakit Mobil Listrik

tombol kopling mobil listrik

 

Tak sedikit beaya yang ditanggung untuk menyelesaikan mobil listrik ini. Menurut Brilian beaya yang diperlukan untuk membuat mobil listrik ini mencapai 17 juta. Seluruh beaya ditanggung oleh tim. Hal itu tak menjadi soal bagi mereka. Dasarnya hobi utak utik mesin sekaligus tantangan ya maju terus  bagi mereka.

Karena mobil listrik ini pula Bogi Power car berhasil menyabet juara umum kompetisi mobil listrik di Politeknik Negeri Bandung bulan Oktober lalu.

Tak perlu menunggu untuk menjadi kreatif, lakukan sekarang juga!!!

 

13 pemikiran pada “Mobil Listrik Brilian

  1. @Electric vehicle = betul, 80km/jam pada speedometer speda motor.. kalo pada cyclo computer 68-72 km/jam., daya motornya 4 x 500Watt jenis BLDC merk Trekko Flash. namun apabila diukur secara daya listrik, peak nya mencapai 9600Watt. ditunggu aja videonya saat melaju kcepatan 80 km/jam

    @teguh = boleh tuh,, segera dikembangkan..

    @arif = nek kwe sing numpak percoyo mobil e gk bakal iso mlayu

  2. Ping balik: Mobil-mobil Kreasi Anak Bangsa | think about J O G J A

  3. bagus implementasinya, tapi kekurangnya adalah masih bergantung dengan listrik pln, menurut saya lebih baik untuk pengisian batreinya menggunakan dinamo ampre punya mobil, terserah mau di bukin menyatu dengan motor penggerak atau terpisah, sehingga secara otomatis ketika motor penggerak ini mergerak maka dinamo ampre juga akan menghasilkan listrik yang akan mengisi baterai, jadi ga ada istilah tekor baterai….. itu kalau menurut saya, kalo salah ya mohon di koreksi…..

    • Tulis komentar di sini…ya ga bisa mas bro..ibaratnya makan nasi truz tahi nya di makan lagi…
      kcuali chargernya pake energi dari lain,sinar matahari misalnya…mohon maaf qlo salah…hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s