Batik Lasem, Tiga Negeri

batik motif burung

Seni olah kain batik tidak hanya menjadi  bagian dari kebudayaan masyarakat Jawa. Di Lasem Rembang Jawa Tengah, seni olah kain batik ternyata juga dikembangkan oleh kaum Tionghoa sejak lama. Mereka menyebutnya batik Lasem. Keistimewaannya pada motif dan warna merah darah khas Tionghoa.

butik dragon

Motif batik Lasem dipenuhi dengan hewan -hewan mitos, dewa dewi dan bunga-bungaan khas budaya tionghoa. Sementara warna merah darah bagi warga tionghoa mengandung simbol kebahagiaan. Warna yang selalu digunakan dalam hari haribahagia. Uniknya, untuk memunculkan warna merah ini proses batiknya hanya bisa dilakukan di Lasem. Ini terjadi karena kandungan mineral air khas gunung kajan di Lasem yang mengandung mineral tinggi sehingga memunculkan warna merah darah pada batik mereka..

Ny Robby Kusuma, pemilik butik Dragon collection merupakan salah satu pewaris tradisi membatik Lasem. Nenek moyangnya pembatik di Lasem sementara dirinya baru setahun ini menggeluti batik Lasem. Kali ini Ny Robby Kusuma membuka gerainya di Jl Prawirotaman I no 27 Yogyakarta.

Motif batik tiga tradisi menjadi produk unggulan Dragon collection. Batik ini adalah batik lawasan atau batik yang berumur lebih dari puluhan tahun. Meski warnanya mulai pudar tetapi batik lawasan ini diproduksi di tiga neger yaitu warna merah di Lasem, warna coklat atau sogan di Jogja-solo dan warna biru di Pekalongan. Sementara itu motif nya semakin hari semakin berkembang.  Naga, kelabang, burung, dan kilin atau yang juga singa cina.

batik nagaMotif binatang mitos ini dipercaya  melindungi, dari  kekuatan jahat. Tak heran bila di daerah asalahnya Lasem, motif batik ini digunakan para ibu sekagai kain gendong, untuk  anak-anak mereka.

Pasar batik Lasem motif tionghoa pun diterima para pecinta batik di Yogyakarta. Banyak pilihan dan soal harga relative terjangkau mulai 160 ribu hingga 500 ribu rupiah.

koleksi1

batik motif kehidupan tionghoa

koleksi 2

koleksi 3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s