Tas Cantik Biji Asam

koleksi tas biji asem
(Jogja) Adalah Dewi dan Triastuti mahasiswa MIPA UNY yang berhasil memanfaatkan biji asem jawa menjadi tas cantik. Tak hanya tas tangan, dalam penbgembangnnya mahasiswa yang tergabung dalam Fabace ini juga mengembangkan kantong handphone, tas laptop dan dompet kecil. Awalnya mereka mengajukan kreasi ini dalam program pekan ilmiah mahasiswa yang diselenggarakan Dikti Diknas. Hasilnya usulan pengembangan usaha ini disetujui bahkan mewakili UNY dalam pimnas 2010.

buah asam dan biji“Kami melihat begitu banyak biji asem di pinggir jalan Dongkelan Yogyakarta, para penjual jamu tradisional membuangnya begitu saja. Melihat ini kami berfikir bagaimana caranya memanfaatkan biji itu. Tercetuslah ide menjadikannya tas.” jelas Dewi. Bentuk bulat berwarna coklat tua khas asem jawa, terkesan tidak menarik. Apalagi bila melihat sifatnya yang keras dan perlu penanganan sendiri.

“Kami menggunakan bor untuk melubanginya namun karena lubang ini pula memudahkan pelapukan pada biji asem, sehingga perlu pengawetan”, tambah Dewi. Pengawetan dilakukan secara alami juga yaitu dengan merendam biji asem yang telah dilubangi dalam minyak cendana. Lewat teknik rajut dan kait dengan benang senar, biji asem jawa ini dikait dan dikombinasi dengan biji lain. Beberapa desain tas standar disiapkan oleh perajin, dimulai dari tas tangan-tempat handphone hingga pengembangan lainnya.

Untuk mendapatkan hasil yang menarik, beberapa kombinasi kontras sengaja di masukkan sebagai pemanis. Fabace handycraf masih dalam tahap pengembangan namun inovasinya cukup membuat pecinta mode tersentuh perhatiannya. Tertarik dengan model baru tas biji asam, anda dapat mencobanya dengan menghubungi Fabace Handycraf .

6 pemikiran pada “Tas Cantik Biji Asam

  1. keren banget gan , ternyata limbah biji asem juga bisa di sulap menjadi tas yang cantik pula ,, sukses gan buat kerajinan tangan nya
    terimakasih ya atas postingtan nya i like this

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s