Susu Probiotik Ubi Jalar

susu probiotik ubi jalar

Sleman, YOGYA. Tiga pemuda menemukan formula terbaru susu berbahan ubi jalar. Tak hanya lezat dan mengandung nutrisi tinggi, susu ini juga probiotik yang bermanfaat bagi pencernaan.

Ketiga pemuda cerdas ini adalah Noorcahyo Eka Sakti, Fatwa Ika Wigati, dan Saefudin. Mereka masih tercatat sebagai mahasiswa program studi Biologi Universitas Negeri Yogyakarta. Keprihatinan akan naiknya harga kedelai dan minimnya inovasi susu memaksa ketiga mahasiswa ini mengolah ubi jalar sebagai bahan baku susu. Selain mudah didapat, ubi jalar ungu juga mempunyai keunggulan pada warna alami yang sangat disukai anak anak. Kandungan gidinya juga tinggi, selain vitamin A, karbohidrat juga protein nabati.

ubi jalar ungu

“Awalnya hanya penelitian untuk kebutuhan program karya mahasiswa dari dikti, namun hanya sampai pada seleksi awal saja.” Tambah Cahyo. Tak putus asa, cahyo dan tim nya justru bersemangat mengembangkan susu ubi jalar ini menjadi susu probiotik.

Susu probiotik memerlukan campur tangan bakteri asam laktat dalam prosesnya. Pembuatan bakteri ini memerlukan proses isolasi dan deidentifikasi. Dengan penambahan bakteri susu probiotik ini berasa lebih asam laiknya minuman kesehatan yakult.

Mudah Membuatnya

Tak perlu susah susah, proses produksinya mudah dan murah. Sediakan

  1. ubi jalar ungu
  2. gula
  3. skim susu
  4. air

cara membuat. Potong kecil kecil ubi jalar dan rebus 5 menit saja. Setelah itu blender dengan air. Perbandingannya 1:3. satu air dan tiga ubi.  Selesai diblender tambahkan gula 5 persen, dan skim susu 5 persen, lalu rebus hingga mendidih selama 20 menit. Dinginkan.

This is it, susu prebiotik ubi jalar ala Farah Quinn

(begitu kata farah quin)

Bila ingin menjadi susu probiotik maka harus menambahkan bakteri. Proses ini sulit untuk dilakukan tanpa anda mempunyai starternya. Bila sudah ada starternya tambahkan satu persen saja.(pasc)

8 pemikiran pada “Susu Probiotik Ubi Jalar

  1. mau tanya, apa rasa starchy nya masih sangat terasa?
    cukup bisa diterima atau agak mengganggu ya?
    cuma tanya, untuk cari alternatifnya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s