Menggembleng Diri Hidup di Kampung

menyusuri desa

menyusuri desa

Krebet, BANTUL – Sekitar 60 mahasiswa fakultas Psikologi Universitas Sanata Darma Yogyakarta meninggalkan kampus mereka untuk tinggal bersama masyarakat desa. Apa yang mereka lakukan? Mereka menjalankan misi komunitas untuk menggembleng diri secara psikologis berbaur dengan masyarakat desa. Lokasi yang dituju adalah desa Krebet, kec Pajangan, kab. Bantul Yogyakarta.

Tinggal bersama masyarakat tidur satu atap selama tiga hari, membuat mahasiswa ini harus mampu merasa eksistensi diri dan bagaimana kehidupan desa. Tak hanya itu para mahasiswa psikologi ini juga mendapat tugas untuk menjalankan tugas menguatkan basis kepribadian warga dan anak anak desa. Tak heran bila program seperti out bond dan permainan edukatif dipilih sebagai media pembelajaran.

Musik kaleng rombeng

Satu hal yang menarik dari berbagai metode pembelajaran ini yaitu pembelajaran musik kaleng rombeng sebagai alat untuk mengenal diri. Musik kaleng rombeng merupakan kelompok alat musik dari barang bekas yang mengeluarkan berbagai bunyi saat dipukul. Ada kaleng, botol, panci, gallon dsb. Berbagai barang bekas ini mengeluarkan bunyi yang khas dan saat diatur dapat menghasilkan harmoni tertentu. Begitu pula dengan pribadi, dalam pandangan psikologi setiap orang punya karakter. Dan karakter ini harus diketahui supaya dasar diri, mawas diri dan berkembang potensi diri.

Musik kaleng rombeng dipilih karena media ini tepat. Saat yang tepat berbagai karakter ini dibaca, diatur dan dipahami. Hasilnya alunan lagu yang asyik, dan menghibur.

Terisnpirasi?

begitu harapan kami dengan membaca tulisan ini.

A Simple thinking,  to be creative think!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s