Kontes Robot Nasional, Heboh!!

KRI KCI2

Emang heboh!!! Tak pernah terbayangkan bila suasana kontes robot nasional di Grha Sabha Pramana UGM seheboh KRI-KRCI-KRSI nasional 2009 di Grha Sabha Pramana UGM. Melebihi pertandingan basket NBA, kontes robot ini diikuti oleh 91 peserta dari 48 perguruan tinggi nasioal.

Brisiknya minta ampun, ramenya nggak tanggung-tanggung. Tribun grha sabha berkapasitas lebih dari 500 orang tak satupun kelihatan kursinya alias diduduki para sporter tim. Gilanya lagi semua sporter ‘gila’ ini seakan gak punya telinga karena masing masing memukul drum dan menyanyikan yel yel mereka. Terpikir sekilas kalau bunyi berdenyit…mesin robot dan..bib…tanda aktif jadi gak penting kali. Padahal kontes robot Indonesia ini merupakan kontes robot manual yang mengangkat robot otomatis agar bisa memukul kendang di bagian finis.

Ha ha ha…bukan basket bukan sepakbola..semua pertandingan emang layak didukung oleh penggemar. Semuanya menmgambil kesempatan untuk berteriak….yark…..!!! memukul drum….dang dang dang….!!!

Lega rasanya bisa berteriak dan mencurahkan kepenatan hidup dalam pertandingan ini. Any way…kontes robot nasional ini diselenggarakan tiap tahun oleh dirjen dikti. Kontes ini merupakan kontes robot terbaik antarregional yang sebelumnya telah bertanding. Regional I di pekanbaru, regional II di Universitas Indonesia, regional III di UGM yogyakarta, dan regional IV di ITS Surabaya. Juara 1, 2, dan 3 ditingkat regional ini akan menjadi peserta kontes robot di tingkat nasional, ya…di kontes robot kali ini.

KRI

Kontes Robot Indonesia -KRI mengambil tema Travelling Together for the Victory Dums dalam bahasa Indonesia ‘bersama kita meraih kemenangan’. Robot nya terdiri dari 3 buah, 2 otomatis 1 manual. Kedua robot otomatis bertugas menandu robot manual dan menempatkannya di satu tempat. Setelah siap maka robot manual tersebut menuju pusat finish dengan memukul kendang didepannya.

KRCI

Robot cerdas berbentuk robot pemadam api. Robot ini memang cerdas karena panadai membaca dinding dengan sensornya. Seperti labirin dan rumah tikus, robot cerdas bergerak kedepan dengan berbagai halangan hingga menemui sebuah ruang yang terpasang lilin. Begitu membaca nyala api maka sensor mapan ini akan menggerakkan kipas dan meniupnya hingga mati…cercas kan? Pemenang KRCI akan mewakili Indonesia di ajang kontes robot di Amerika.

KRSI

Ini yang terbaru…kontes robot seni Indonesia. Robot seni ini sengaja dikompetisikan dengan memasukkan unsure seni nusantara… kali ini aturannya adalah robot bergoyang jaipong. Ya..buat aja robot yang bisa bergoyang dibagian tengahnya. Mo seperti inul…dewi persik..atau trio macan terserah aja yang penting bergoyang. Agar berkesan seperti penari jaipong maka semua peserta mendandani robot tersebut dengan boneka penari.

Satu pemikiran pada “Kontes Robot Nasional, Heboh!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s