Souvenir Mungil dari Jogja

Yang satu ini pasti tak pernah anda bayangkan. Tanaman mungil dalam botol kecil, indah ramah lingkungan dan tetap tumbuh berbulan bulan. Cantik bukan?. Botol botol ini memang sekecil yang anda kira , ukurannya pun hanya dua hingga lima centimeter dengan ukuran tanaman didalamnya sekitar 3 centimeter aja. Botol botol kecil ini trend souvenir terbaru, kreasi kawan kawan muda pertanian UGM Yogyakarta.
img_1628
Mereka menyebutkanya dengan MUNGIL CULTUR. Souvenir ini merupakan buah tangan teknologi rekayasa kultur jaringan dengan menanam tanaman anggrek dalam sebuah botol tertutup dan steril. Media tanamnya pun menggunakan media non tanah yaitu GEL yang dibuat dari sari buah pisang ambon. Pemilihan pisang ambon sebagai bahan baku nutrisi GEL karena pisang mengandung nutrisi yang lebih banyak dibanding yang lain. Teman teman ini juga telah mencoba dengan tomat, ketela, dan jambu hasilnya lebih bagus pisang ambon.

Kultur jaringan telah lama diteliti dan ditekuni di ilmu pertanian namun tidak mengarah pada pengembangan industri kreatif yang bersifat masal. Hingga akhirnya Tessy Ariani dan Julia Purnamasari mahasiswa pertanian UGM mencoba mengembangkan hingga menemukan media dan kemasan yang sesui dengan kebutuhan masyarakat . Hasilnya sebuah souvenir bernama Mungil Kulture

Mungil kultur menghadirkan segala sesuatu yang mungil. Bahkan mampu hidup hingga 6 bulan hingga media tanamnya habis.
dsc02673
Dan dalam skala industri, kawan kawan menjualnya dengan harga Rp 7000 perbotol dengan minimal pemesanan 100 botol. Salud untuk karya nyata kawan kawan pertanian UGM. Saatnya memanfaatkan ilmu pengetahuan untuk kesejahteraan bersama.

Pemesanan & info
pascpw@yahoo.com
hp 0816 4227 466

5 pemikiran pada “Souvenir Mungil dari Jogja

  1. All,

    Konten website sangat menarik, boleh saya diberi nomor kontak-nya [mungkin dengan Mas Paskalis], saya ingin bincang-bincang.

    Salam,
    Novianto
    MarComm
    Harian Seputar Indonesia
    081931230369 / 08886210369

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s