Nikmatnya Secangkir TEH BUNGA SEPATU

bunga-sepatu1Pernah melihat bunga sepatu? Pasti! Tanaman pagar bernama latin Hisbiscus-rosa sinensis ini memang banyak tumbuh di pekarangan rumah. Selain mudah ditanam, bunga sepatu juga menawarkan keindahan dari warna warni bunganya. Terdapat dua jenis bunga sepatu dilihat dari ragam bunganya. Bunga pertama bermahkotakan empat lembar membentuk kelopak bunga sementara jenis kedua berkelopak lebih banyak secara gerombol. Dari warnanya, bunga sepatu memiliki 5 jenis warna bunga yaitu merah, putih, kuning, orange, dan biru.

bunga-sepatu3Nah, di mata tiga remaja asal kota Yogyakarta ini, bunga sepatu tak lagi menjadi bunga pagar yang indah dipandang tetapi juga bergizi dan lezat dikonsumsi. Wah nggak salah nih? Mengomsumsi bunga sepatu? Tentu saja bunga sepatu ini tidak langsung dikonsumsi namun perlu diolah secara khusus menjadi bentuk lain yaitu TEH dan SELAI.

Teh bunga sepatu merah ternyata mengandung vitamin c sebayak 2,59 %, cafein 0,40415 %, dan pro vitamin A sebanyak 66,85885 mikro gr/100 gr. Bandingkan dengan bunga rosella! Yang hanya memiliki komposisi Vitamin C saja. Itu pun hanya 0,26-0,28 % kalah banyakdibanding the bunga sepatu.

Uji Kandungan Mahkota Bunga Sepatu
Vitamin C: 2,59 %
Cafein        : 0,40415 %
Pro Vit.A : 66,85885 mikro gr/100 gr

Perbandingan Kandungan Bunga Sepatu dengan Bunga Rosella
Bunga Sepatu                                   |Bunga Rosella
Vitamin C : 2,59 %                         |Vitamin C :0,26-0,28 %
Cafein : 0,40415 %                        |Cafein         : –
Pro Vit.A : 66,85885 mikro      | Pro VIt A : –
gr/100 gr

Inilah temuan besar sekaligus menjadi karakteristik bunga sepatu yaitu kafein dan vitamin A. Dalam dunia kesehatan Kafein adalah zat yang berasal dari tanaman yang dapat menstimulasi otak dan sistem saraf. Kafein tergolong jenis alkaloid yang juga dikenal sebagai trimetilsantin. Selain pada kopi, kafein juga banyak ditemukan dalam minuman teh, cola, coklat, minuman berenergi (energy drink), cokelat, maupun obat-obatan. Kafein membantu Anda untuk bisa berpikir lebih cepat.

bunga-sepatu2Sementara Vitamin A merupakan vitamin yang pertama kali diidentifikasi sebagai mikronutrien esensial yang dibutuhkan oleh manusia. Merupakan kristal alkohol berwarna kuning dan larut dalam lemak atau pelarut lemak. Dalam makanan sumber hewani biasanya terdapat dalam bentuk retinol. Bentuk aktif vitamin A hanya terdapat dalam pangan hewani. Pangan nabati mengandung karotenoid yang merupakan prekursor (provitamin) vitamin A. Beta karoten adalah bentuk provitamin A paling aktif. Vitamin A memiliki peran dan manfaat yang sangat penting untuk penglihatan (mata), pertumbuhan, perkembangan kulit, membran, daya tahan tubuh, perkembangan embrio, pengurangan risiko penyakit jantung, dan antioksidan.

6 pemikiran pada “Nikmatnya Secangkir TEH BUNGA SEPATU

  1. cara bikinnya gimana ya? soale dirumah banyak ni bungan sepatu. gimana cara buat tehnya? tolong dibales ya. di alamat emailku aja. thx b4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s