Yang Lezat Dari Limbah Tahu

Seorang kawan mahasiswa memberi informasi menarik perihal program kerja KKN nya. para mahasiswa ini prihatin atas melimpahnya limbah industri tahu yang menjadi penggerak utama roda ekonomi masyarakat dusun Gerso, desa Trimurti, Srandaan, Bantul. Ditengah keprihatinan, mereka menemukan sebuah inovasi pengolahan limbah padat (ampas) tahu. Mendengar informasi ini, tanpa pikir panjang melesat lah ke kota bagian selatan yogyakarta ini.

Kaget bukan kepalang….setelah sampai di lokasi.
Tahu yang selama ini kita konsumsi ternyata menyisakan limbah yang melimpah. Tak hanya limbah padat juga limbah cair. Bayangkan, dalam satu kilogram pengolahan kedelai menjadi tahu siap santap, menyisakan 8 liter limbah cair, belum lagi limbah padatnya. Padahal, di dusun Gerso ini berdiri sekitar tiga industri kecil tahu dan dusun ini hanya sebagian kecil dari sentra industri lain. Dan para pengerajin tahu ini dalam sehari harus mengolah sekitar 1 kwintal kedelai untuk menghasilkan hanya 2 kg tahu jadi. Sementara, omset produksi unit usaha kecil tahu di desa desa setidaknya memiliki omset 3-6 kwintal kedelai.

Ampas tahu…weh…masyarkat desa juga tahu bahwa ampas itu menjadi bahan baku tempe gembus. Paling paling sebagai tambahan gizi sapi atau kambing Sampai disitu saja!!

Berbeda orang desa beda pula dengan mahasiswa. Mereka memandang bahwa ampas tahu ini masih menyisakan kandungan gizi yaitu sedikit protein tapi banyak serat, jadi pengolahan yang menarik akan menaikkan gizi masyarakat sekaligus meningkatkan penghasilan mereka.
Stik tahu dan nugget. Itu produknya. Sederhana saja bahannya, ampas tahu yang masih berumur beberapa jam diolah dengan menambahkan tepung dan beberapa bumbu perasa laiknya memasak gorengan. Di “uleni” hingga kalis, digiling seperti mie, digoreng. Jadilah stik yang renyah dan berkelas. Gurih, krispi dan mengandung serat yang banyak. Lezat juga limbah ini, lingkunganpun jadi lebih aman. (lebih lengkap pascpw@yahoo.com)

10 pemikiran pada “Yang Lezat Dari Limbah Tahu

  1. jika tidak keberatan boleh g saya ingin tau tentang manfaat dari ampas tahu tersebut karena saya ingin mengutip tentang penelitian saya terhadap stik ampas tahu

  2. Kalo tidak keberatan, bolehkah saya dikirim info ttg pengolahan limbah tahu / ampas kedelai secara lengkap untuk bahan penelitian saya? Tolong kirim via email saya ya? Tq. Retno

  3. bisa tidak kirim melalui email saya tentang kandungan dari ampas tahu itu sendiri dan cara penglohan efektif lainnya dalam pemanfaatan limbah tahu..terimakasih

  4. aslm, slmat siang
    mohon bantuannya, info ttg:
    1. pengaruh konsumsi ampas tahu untuk kesehatan?
    2. metode pengolahan ampas tahu secara rinci untuk pembuatan makanan.
    3. macam – macam manfaat ampas tahu?

  5. Biasanya ampas tahu bisa digunakan sebagai bahan dasar Protena (bahan untuk daging buatan bagi kaum vegetarian). Bisa juga sebagai bahan campuran tambahan pada daging dalam pembuatan burger patties, sehingga texture daging padat tapi mudah dikunyah dan lembut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s