Om Mani Padme Hum

Om Mani Padme Hum…

Om Mani Padme Hum…

Om Mani Padme Hum…Kata kata dari syair lagu Here, Now And forever More Ayu Laksmi dari album Svara Semesta, mendengung menjadi mantra. Diiringi musik yang dilantunkan bernuansa lembut membangun atmosfer sakral.

Ayu Laksmi mengajak semua orang yang ada di Joglo Resto, Jogja Village Inn melafalkan, “Om Mani Padme Hum” secara berulang. Wartawan, seniman, pegawai hotel siapapun…menyambut ajakan Ayu Laksmi…

Om Mani Padme Hum adalah mantra Avalokitesvana/ Chenrezig. Bagi penganut Buddis, Avalokitesvana dipercaya bentuk lain dari Buddha. Menurut Jindeyuan.org yang saya cuplik di dhammacitta.org, Avalokitesvana Bodhisattave dijelaskan:

“Jauh sebelum diperkenalkannya agama Budha pada akhir Dinasti Han (tahun 25-228), Koan Im Pho Sat telah dikenal di Tiongkok purba dengan sebutan Pek Le Tai Su yakni Dewi berjubah putih yang welas asih. Kemudian beliau diketahui sebagai perwujudan dari Buddha Avalokitesvana.”

Yup, Ayu Laksmi sebagai seorang Hindu ternyata terperangah dengan kekuatan kata kata “Om Mani Padme Hum” yang sering diucapkan bante Buddha. Tanpa mengecilkan kekuatan musik yang telah menjadi mantra dan tak selalu harus diterjemahkan. Om Mani Padme Hum mempunyai makna untuk setiap kata katanya.

OM        : keutuhan/penyatuan keseluruhan dari tubuh, ucapan dan pikiran baik

MANI    : Permata berharga, lambang welas asih

PADME : Kebijaksanaan mendalam yang murni

HUM     : penyatuan dari dua aspek (welas asih/karuna dan kebijaksanaan/prajna) adalah keBudhhaan

Begitu pula dengan gue, terkesima dengan kekuatan kata yang menghipnotis untuk melulu mendengarkan. Om Mani Padme Hum mencoba menghantarkan siapapun yang mendengarkan untuk dekat dengan sang pencipta. Sang pencipta pun hadir dalam setiap orang yang hidup dalam kegelapan, dalam cinta terhadap sesama dan menjadi terang bagi siapapun.

kover lukisan Svara Semesta

Om Mani Padme Hum…
Om Mani Padme Hum…
Oh lord see me now
Deep down on my knees
Let me be the light
In the dark of the night
Oh sweet Lord
Show me how
To love the other
Here and now
And forever more

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s