Papan Olahan Limbah Kayu dan Plastik

limbah serbuk kayu dan plastikPaingan-Sleman. Pernah melihat furnitur dengan material non kayu atau pernah melihat papan berbahan limbah gergaji? Itu yang disebut papan komposit yaitu papan yang diolah dengan panas dan tekanan tinggi untuk menyatukan serbuk kayu hingga memadat. Tahukah anda bahwa papan komposit tersebut ternyata diolah dengan perekat khusus.

mesin pres kayu ciptaan sendiri Nah, kawan kita Golde Tridun, Ardiansah, dan Syeh Munawer, mahasiswa kehutanan Institut Pertanian Stiper Yogyakarta mahasiswa berhasil mengolah papan komposit dengan memanfaatkan limbah kayu dan plastic bekas. Menurut Golde Tridun, ketua tim, ide pemanfaatan sisa gergaji dan plastic ini berawal dari melimpahnya plastic bekas dan semakin mahalnya material furniture. Sebagai mahasiswa matakuliah pengolahan hasil hutan, mereka mencoba mengolahnya menjadi produk bermanfaat.

Dari ide sederhana inilah, berbagai model papan komposit diuji-cobakan. Prinsip pembuatan papan komposit ini sangat sederhana yaitu memanfaatkan limbah gergaji kayu yang dicampur dengan plastic dan dimasukan dalam mesin penekan dengan temperatur panas 170°C selama lima menit. Hasilnya plastik akan meleleh dan mengikat grajen kayu

Menurut Ir. Sushardi S.Kh.,M.P., dosen sekaligus pakar pengolahan hasil hutan Instiper, “Semua material sisa kayu dapat menjadi material pendukung, prinsipnya plastik akan mencair dan mengikat serbuk kayu.” “Semua serbuk dari kayu terbaik dapat dimanfaatkan,” tambahnya.

Sayangnya untuk mendapatkan luasan papan olahan diperlukan mesin yang juga besar, sementara kawan kawan ini hanya memanfaatkan mesin tekan sederhana skala laboratorium.

Hebat bukan.,

Bayangkan bila ide ini ditekuni untuk membangun usaha baru?. Tak saja sampah plastik semakin berkurang namun juga membuka lahan industri baru.

papan kompoasit

About these ads

7 pemikiran pada “Papan Olahan Limbah Kayu dan Plastik

  1. saya ada serbuk gergaji sisa particle board, klu ada yg mau , bisa telp di 021
    68080599 , dgn sdr herman. serbukya gratis.

  2. Saya sangat tertarik sekali,memang benar bahan untuk furniture sekarang mahal sekali dan saya sudah lama ingin mencari bhn alternatif yg murah,bisakah kami ikut belajar membuatnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s